Fungsi Dasar Ms Excel
Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengelola angka yang biasanya juga digunakan untuk menghitung suatu data,laporan Dll.Pada Microsoft Excel ada beberapa fungsi dasar untuk statistik antaralain:
1.Fungsi SUM
- Fungsi SUM
- Fungsi Average
- Fungsi Max
- Fungsi Min
- Fungsi Count,Counta,Countif
- Fungsi SumIf
- Fungsi IF
1.Fungsi SUM
SUM Berfungsi untuk menjumlahkan total keseluruhan data
Untuk menggunakan fungsi nya dengan contoh gambar di atas =SUM(B2:B11)
2. Fungsi Average
Average berfungsi untuk mencari rata-rata suatu data
Cara menggunakan fungsinya =AVERAGE(B2:B11)
3.Fungsi Max
Berfungsi untuk mencari data tertinggi dari suatu Range
Cara Menggunakan fungsinya =MAX(B2:B11)
4.Fungsi Min
Berfungsi untuk mencari data terendah dari suatu Range
Cara menggunakan Fungsinya =MIN(B2:B11)
5.Fungsi Count,Counta,Count IF
Count Berfungsi Untuk menghitung banyaknya data
Cara Menggunakannya =COUNT(C2:C8)
Counta berfungsi untuk menghitung nilai dari angka sampai huruf
cara menggunakannya =COUNTA(A2:C15)
Count IF
Berfungsi Untuk menghitung jumlah data dengan syarat tertentu
Berfungsi untuk menghitung total data dengan Syarat tertentu
Berfungsi untuk membuat perbandingan logis antara nilai apa yang diharapkan dengan menguji kondisi dan membalikan hasil jika hasil True atau False
Contoh nya ada pada gambar tersebut
Count IF
Berfungsi Untuk menghitung jumlah data dengan syarat tertentu
Cara menggunakannya sebagai berikut
Jumlah Siswa dengan Nilai A =COUNTIF(C2:C15,"A")
Jumlah Siswa dengan Nilai B =COUNTIF(C2:C15,"B")
Jumlah Siswa dengan Nilai C =COUNTIF(C2:C15,"C")
Jumlah Siswa dengan Nilai D =COUNTIF(C2:C15,"D")
6.Fungsi SUM IFBerfungsi untuk menghitung total data dengan Syarat tertentu
Contoh: =SUMIF(C5:C14;"LCD";D5:D14)
7.Fungsi IF
Berfungsi untuk membuat perbandingan logis antara nilai apa yang diharapkan dengan menguji kondisi dan membalikan hasil jika hasil True atau False
Contoh nya ada pada gambar tersebut
Comments
Post a Comment