Fungsi Dasar Ms Excel

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengelola angka yang biasanya juga digunakan untuk menghitung suatu data,laporan Dll.Pada Microsoft Excel ada beberapa fungsi dasar untuk statistik antaralain:

  1. Fungsi SUM
  2. Fungsi Average
  3. Fungsi Max
  4. Fungsi Min
  5. Fungsi Count,Counta,Countif
  6. Fungsi SumIf
  7. Fungsi IF



1.Fungsi SUM
           SUM Berfungsi untuk menjumlahkan total keseluruhan data 

        Untuk menggunakan fungsi nya dengan contoh gambar di atas =SUM(B2:B11)

2. Fungsi Average
         Average berfungsi untuk mencari rata-rata suatu data

     Cara menggunakan fungsinya =AVERAGE(B2:B11)

3.Fungsi Max
     Berfungsi untuk mencari data tertinggi dari suatu Range

    Cara Menggunakan fungsinya =MAX(B2:B11)

4.Fungsi Min
    Berfungsi untuk mencari data terendah dari suatu Range



    Cara menggunakan Fungsinya =MIN(B2:B11)

5.Fungsi Count,Counta,Count IF

Count Berfungsi Untuk menghitung banyaknya data 
Cara Menggunakannya =COUNT(C2:C8)

Counta berfungsi untuk menghitung nilai dari angka sampai huruf

 

cara menggunakannya =COUNTA(A2:C15)

Count IF
Berfungsi Untuk menghitung jumlah data dengan syarat tertentu



Cara menggunakannya sebagai berikut
Jumlah Siswa dengan Nilai A =COUNTIF(C2:C15,"A")
Jumlah Siswa dengan Nilai B =COUNTIF(C2:C15,"B")
Jumlah Siswa dengan Nilai C =COUNTIF(C2:C15,"C")
Jumlah Siswa dengan Nilai D =COUNTIF(C2:C15,"D")
6.Fungsi SUM IF

Berfungsi untuk menghitung total data dengan Syarat tertentu


Contoh: =SUMIF(C5:C14;"LCD";D5:D14)

7.Fungsi IF 

Berfungsi untuk membuat perbandingan logis antara nilai apa yang diharapkan dengan menguji kondisi dan membalikan hasil jika hasil True atau False

Contoh nya ada pada gambar tersebut

Comments